Bahan Makanan Sumber Karbohidrat Untuk Bayi Sehat

Bahan makanan sumber karbohidrat yang baik untuk dikonsumsi bayi agar tumbuh sehat di antaranya beras, beras merah, kacang-kacangan, kentang, jagung, singkong, dan ubi. Berikut beberapa fungsi karbohidrat bagi tubuh:

  • Sumber utama energi tubuh. Semua proses yang terjadi di dalam tubuh memerlukan energi, termasuk energi untuk aktivitas dan suhu tubuh.
  • Memperlancar proses pencernaan, terutama pengaruh dari karbohidrat yang tidak dapat dicerna. Karbohidrat ini memberikan volume kepada isi usus. Rangsangan mekanis yang terjadi akan melancarkan gerak peristaltik. Akibatnya, aliran bubur makanan (chymus) melalui saluran pencernaan dengan lancar dan memudahkan pembuangan tinja (defaekasi).
  • Merupakan reseptor bagi hormon.

Kebutuhan karbohidrat bagi bayi tidak dibahas dalam angka kebutuhan gizi untuk orang Indonesia. Dengan ditetapkannya kecukupan energi, kecukupan protein, dan kecukupan lemak, tercipta rambu-rambu bagi kecukupan karbohidrat. Umumnya, pola makan yang baik memenuhi perbandingan komposisi energi dari karbohidrat, protein, dan lemak, yakti 50-65% : 10-20% : 20-30%. Dengan demikian, perkiraan angka kecukupan karbohidrat pada bayi usia 0-6 bulan berkisar 68,75 – 89,38 gram, sedang untuk bayi usia 7-11 bulan berada pada kisaran 81,2 – 105,6 gram. Angka ini tercukupi jika memenuhi mengkonsumsi ASI sesuai kebutuhan serta ditambah bubur susu dan sari buah yang diberikan ketika bayi berusia di atas 4 bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>